Minggu, 14 Maret 2010

PROG PRESENTASI

Langkah - langkah bekerja pada Microsoft PowerPoint sbb:
a. Bekerja pada Powerpoint.
1. klik Start >> Program >> Microsot Office >> Microsoft Powerpoint
2. pilih Blank Presentation >> klik Ok
3. pilih slide / lembar kerja Blank >> klik Ok

b. Menambahkan halaman baru.
1. klik menu Insert >> pilih New Slide
2. pilih slide / lembar kerja Blank >> klik Ok

c. Memberikan pewarnaan lembar kerja.
1. klik menu Format >> Background >> klik tombol Drop down list >> pilih Fill Effects.
2. pilih menu Gradient >> pada menu Color pilih Two colors ( cari masing – masing warnanya pada menu color 1 dan color 2 dengan mengklik tombol drop down list >> klik More colors >> klik Ok )
3. pada menu Shading Style pilihlah model – model pencampuran dari 2 warna, yg tadi sudah dipilih ( misal : Diagonal Up ).
4. untuk mengambil salah satu model warna, klik pada kotak warna yg diinginkan
>> klik Ok
5. pilih Apply to All ( jika ingin seluruh halamannya berwarna sama )

d. Mengetik kata/kalimat
1. klik menu Insert >> pilih Text box
2. lakukanlah Drag and Drop dengan mouse pada posisi yang diinginkan
3. ketikkan kata / kalimat yang diinginkan

e. Variasi tulisan
1. klik menu Insert >> Picture >> WordArt
2. pilihlah salah satu variasi tulisan yg diinginkan >> klik Ok
3. ketikkan kata / kalimat yang diinginkan >> klik Ok

f. Memberikan gambar - gambar
1. klik menu Insert >> Picture >> Clip Art
2. cari salah satu gambar yang diinginkan dengan mengklik nama kelompoknya
3. untuk mengambil salah satu gambar
Klik kanan pada gambarnya >> pilih Insert

g. Menjalankan setiap teks ataupun gambar
1. Klik gambar / teks yang akan dijalankan
2. klik menu Slide show >> Custom Animation
3. pilih menu Effects ( carilah gerakan untuk gambar/teks yang diinginkan )
untuk melihat gerakan gambar/ teks yang dipilih tadi klik tombol Preview
jika belum cocok gerakannya bisa dicari lebih dahulu
4. untuk mengaktifkan gerakan yang sudah dipilih, klik tombol Ok
h. Mengatur gerak otomatis hasil kerja
1. klik menu Slide show >> Set Up show
2. klik Continuously untill Esc >> klik Ok
dilanjut lagi ke :
1. klik menu Slide show >> Slide Transition
2. pada Effect pilih gerak layar yang diinginkan, dengan mengklik tombol Drop
downlist ( misal pilih : Checkerboard across ) >> pilih kecepatannya yaitu Slow.
pada Advanced matikan On mouse klik dan pilih Automatically after ( isikan waktu
tenggang saat masing – masing gambar/teks muncul dilayar misal : 5 )
pada sound boleh tidak dipilih jika tidak diperlukan
3. klik tombol Apply to All

i. Manampilkan hasil kerja
Menampilkan hasil kerja kelayar :
klik menu Slide Show >> View Show

keluar dari tampilan :
klik kanan disembarang tempat >> pilih End Show

j. Mencetak hasil kerja pada Microsoft Powerpoint
Mencetak hasil kerja keseluruhan
1. klik menu File >> Print
2. klik Ok
Mencetak halaman tertentu
1. klik menu File >> Print
2. pilih tulisan Slide ( ketikkan halaman berapa yang akan dicetak misal hal : 3 )
3. Klik Ok
Mencetak beberapa halaman dijadikan satu lembar
1. klik menu File >> Print
2. pada menu Print What pilihlah Handouts
pada menu Handouts pilihlah berapa halaman yg akan dicetak disetiap
lembarnya ( misalnya pilih : 4 )
3. klik Ok